Hidup itu semacam permainan. Kalah atau menang, itu sebuah suratan.

8 Jun 2012

Lanjutan (Esensi Dari Cinta)

acronym, n

Aku ingat kali pertama kau mengirim e-mail dengan SWAK. Aku tak tahu apa maksudnya. Itu terdengar kasar, seperti tamparan yang terhubung. SWAK! Batman memukul jatuh Riddler. SWAK! Tangisan dari "Pembohong! Pembohong!" Air mata. SWAK! Jadi aku membalas tulisannya: SWAK? Dan setelah itu, sepuluh menit kemudian, kau menjelaskan.

Aku menyukai gambaran menggelikan yang kudapat, tentang dirimu yang membungkuk di atas laptop, menempelkan bibirmu perlahan-lahan pada layar, menyegel kata-katamu kepadaku sebelum mengubahnya menjadi semacam gelombang listrik. Sekarang, tiap kau men-SWAK diriku, gema dari gelombang itu tetap tinggal.

adamant, adj

Kau bersumpah kalau Meryl Streep memenangi kategori Best Actress Oscar dari film Silkwood. Aku bilang, tidak, itu dari Sophie's Choice. Bagaimana kau memperdebatkan itu, kau seperti memperselisihkan adanya Tuhan atau apakah kita harus tinggal bersama. Macam perselisihan ini takkan pernah bisa dimenangi--kalaupun kau yang menang, kau telah menyakiti orang lain, dan harus ada sebuah kekalahan yang berhubungan dengan itu.

Kami mencarinya, tentu saja, dan walaupun pada akhirnya kau harus bilang akulah yang benar, kau masih bertingkah kalau itu adalah kejadian khusus.Aku berpikir untuk meninggalkanmu. Dalam sepersekian detik, aku keluar dari pintu.





Ini adalah jenis buku yang benar-benar bisa melampiaskan emosi. Semua benci, marah, cemburu, cinta, kasih sayang, kejenakaan--terlukis dengan baik lewat beberapa entri yang dideskripsikan dengan cerita pendek yang menggugah. Kadang kita tak mengerti, apa hubungan kata itu dalam konteks cinta, tapi setelah membaca cerita pendek di bawahnya, semuanya terlihat saling berhubungan.

           livid, adj --------> lebam

            Fuck You for cheating on me. Fuck you for reducing it to the word cheating. As if this were a  card game, and you sneaked a look at my hand. Who came up with the term cheating, anyway? A cheater, I imagine. Someone who thought liar was too harsh. Someone who thought devastator was too emotional. The same person who thought, oops, he’d gotten caught with his hand in the cookie jar. Fuck you. This isn’t about slipping yourself an extra twenty dollars of Monopoly money. These are our lives. You went and broke our lives. You are so much worse than a cheater. You killed something. And you killed it when its back was turned.


Contoh lain adalah seperti ini:

             dumbfounded, adj ---------> tercengang

              And still, for all the jealousy, all the doubt, sometimes I will be struck with a kind of awe that we’re together. That someone like me could find someone like you - it renders me wordless. Because surely words would conspire against such luck, would protest the unlikelihood of such a turn of events.
I didn't tell any of my friends about our first date. I waited until after the second, because I wanted to make sure it was real. I wouldn't believe it had happened until it had happened again. Then, later on, I would be overwhelmed by the evidence, by all the lines connecting you to me, and us to love.
 
Segalanya diungkapkan dengan sempurna. Yang jelas, hal menonjol dari buku ini adalah gaya penulisan dan emosi yang ditumpahkan. Seiring kau membacanya, lama-lama kau akan menganggap kalau kau adalah narator buku ini sendiri. Nyata, jelas, dan impulsif adalah kata-kata yang dapat menggambarkan buku ini.

Buku ini direkomendasikan untuk pembaca remaja, sampai orang dewasa. 7.75/10

Muhammad Farhan Maulana

0 comments:

Posting Komentar